Perhatian


Kebanyakan post di dalam blog ini disalin dari posting dari sahabat-sahabat blogger lain untuk rujukan saya pada masa akan datang. Jadi saya lampirkan sekali link ke post asal bagi menjaga hakcipta post serta memudahkan anda dan saya ke post asal. Harap Maklum

Monday, April 21, 2014

Definisi Bekam - 1

dipetik dari buku Sembuh dengan satu titik - Dr Wadda A Umar

Bekam mempunyai beberapa sebutan seperti : canduk, cantuk, kop atau mambakam. Di Eropa disebut cupping dan fire bottle. Dalam bahasa mandarin disebut Pa Hou Kuan. Dalam bahasa arab disebut alhijamah, dari kata al-hijmu yang bererti pekerjaan, yaitu membekam. Al- Hajjam bererti ahli bekam. Al-Hijmu berarti menghisap atau menyedot. Sedangkan Mihjam atau Mihjamah merupakan alat untuk membekam, yang berupa gelas untuk manampung darah yang dikeluarkan dari kulit, atau gelas untuk mengumpulan darah hijamah.

Maka, secara bahasa, bekam berarti menghisap. Menurut istilah, bekam berarti peristiwa penghisapan kulit, penyayatan dan mengeluarkan darahnya dari permukaan kulit, yang kemudian ditampung ke dalam gelas.

Dalam buku-buku Eropa, bekam didefinisikan dengan "It's a therapeutic method in which a jar of cup is attached to the surface of the skin to cause logal congestion. This is achieved by the creation of a negative pressure inside the cup via the introduction of ignited material into the jar to become local blood stasis, and then aspirate blood from the skin, to promote circulation of qi and blood, induce an analgesic effect, subdue swelling and expel wind, cold, and damp pathogens. (Bekam adalah suatu methode pengobatan dengan menggunakan tabung atau gelas yang ditelungkupkan pada permukaan kulit agar menimbulkan bendungan lokal. Hal ini disebabkan oleh tekanan negatif di dalam tabung, yang sebelumnya benda-benda dibakar dan dimasukkan ke dalam tabuang agar terjadi pengumpulan darah lokal. Kemudian darah tersebut dikeluarkan dari kulit dan dihisap, dengan tujuan meningkatkan sirkulasi energi chi dan darah, menimbulkan efek analgetik (menghilangkan nyeri), mengurangi pembengkakan, serta mengusir pathogen angin baik dingin maupun lembab.

No comments: